PATRIOTRAYA.COM: Setelah empat hingga lima tahun tahun bergulat dengan buku dan kajian ilmiah, ratusan mahasiswa dan mahasiswi akhirnya sampai pada hari yang ditunggu-tunggu, yakni wisuda dan menyandang gelar sarjana.

Dengan toga dan pakaian lengkap khas wisuda, mereka didampingi orang tua dan sanak keluarga berkumpul di Kampus Universitas Negeri Islam (UIN) Syarief Hidayatullah, Jakarta, Minggu (21/2). Wisuda UIN Syarief Hidayatullah angkata ke-99 ini sangat istimewa karena dihadiri oleh Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertingal, dan Transmigrasi Marwan Jafar.

Di hadapan para Wisudawan, Menteri Marwan mengajak para sarjana muda untuk pulang ke desa dan memgambil peran aktif dalam gerakan Desa Membangun Indonesia.

"Saya mengajak saudara-saudari sekalian untuk mengimplementasikan ilmu masing-masing di desa-desa. Kalau bisa dikerek itu ekonomi pedesaan, kan ilmunya sudah ada sudah pernah KKN, baksos dan lainnya. Saat kuliah kita sudah terbiasa mengelola masyrakat. Sekarang ayo kita praktikkan dengan membangun desa," ujar Menteri Marwan.

Menteri Desa pertama dalam sejarah bangsa Indonesia ini juga meminta para sarjana muda jangan menjadikan kota sebagai kiblat untuk berkarya dan aktualisasi diri. Sebab Pemerintahan Jokowi-JK telah menjadikan desa sebagai sumbu utama pembangunan nasional.

"Jangan terpana dengan kota saja, ini (membangun desa) tanggung jawab moral perguruan tinggi dan tentunya para alumninya juga," tegasnya.

Dijelaskan Marwan, Negara Indonesia yang sangat besar ini memiliki 74.754 Desa, 122 Daerah tertinggal, dan 144 Kawasan Transmigrasi yang menjadi tanggung jawab besar bangsa untuk dibangun. "Dengan ilmu yang telah dipelajari dan pemikiran yang masih segar, peran sarjana muda tentu sangat penting bagi pembangunan desa tersebut," tandasnya.

Dalam kesempatan ini, Menteri Marwan juga membuat nota kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) dengan kampus UIN. MoU ini ditanda tangani Rektor UIN Jakarta Prof. DR. H. Dede Rosada, M.A bersama Menteri Desa PDTT Marwan Jafar.

"MoU ini nantinya selain untuk melaksanakan percepatan pembangunan perdesaan juga menampung sarjana muda untuk pulang ke desa membangun perekonomian lokal," kata Dede Rosada. HAS

Nasional

Ikaluin Bekasi Raya: Tuty Alawiyah Sosok Tawadhu, Semangatnya Patut Ditiru

PATRIOTRAYA.COM: Mantan Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Tuty Alawiyah telah menghembuskan nafas rabu (4/5) di RS MMC Jakarta. Tampak kehilangan dari seluruh masyarakat muslim Indonesia.

Read more ...
 

Menperin: Tak Ada PHK, Justru Tambah Lapangan Kerja

PATRIOTRAYA.COM. Di tengah isu pemutusan hubungan kerja (PHK) besar-besaran, kemarin Menteri Perindustrian (Menperin) Saleh Husin mendatangi PT Asahimas Chemical di Cilegon, Banten. Bersama Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Franky Sibarani,

Read more ...
 

Bos PKB Kumpulkan Ulama 7 Kabupaten Di Jawa Barat

PATRIOTRAYA.COM: Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar menggelar pertemuan dengan para ulama, umaro dan kader PKB dari tujuh kabupaten se-Jawa Barat, Sabtu (26/3/2016). Pertemuan yang digelar di Restoran Indo Alam Sari, Karawang,

Read more ...