PATRIOTRAYA.COM: Kota Bekasi tengah berupaya menjadi kota cerdas atau smart city. Langkah yang dilakukan Bekasi untuk mewujudkan kota cerdas adalah dengan meluncurkan proyek Patriot Operation Center (POC). 

Ketua Tim Peneliti Smart City ITB Suhono Harso Supangkat menjelaskan, Patriot Operation Center merupakan inovasi untuk mewujudkan Bekasi Smart City, yaitu kota yang aman, nyaman, serta berkelanjutan dengan dukungan teknologi, peningkatan kapasitas sumber daya manusia dan tata kelola yang baik.

Patriot Operation Center atau POC ini berjalan di atas sebuah platform yang dinamakan Smart System Platform (SSP) dan didukung berbagai aplikasi Smart City. 

SSP ini dikembangkan ITB dan didukung Telkomsel. Smart System Platform adalah platform seamless integration sehingga seluruh kota lambat laun bisa terintegrasi sehingga lebih mudah memahami dan melakukan pengendalian. 

"Platform ini merupakan dasar dari pembangunan Bekasi Smart City yang terintegrasi. Saat ini sudah dimulai dengan berbagai komponen awal kota seperti kondisi kesehatan, lingkungan, ekonomi, maupun lalu lintas kota," ungkap Suhono dalam keterangan tertulis, Senin (7/3/2016).

Salah satu layanan atau aplikasi smart city di adalah POC adalah aplikasi pelaporan dan aspirasi dari masyarakat. Saat ini terdapat dua aplikasi pelaporan dan aspirasi masyarakat yang sudah terintegrasi dengan POC, yaitu aplikasi POT dan Aplikasi SOROT.

POT adalah Pelaporan Online Terpadu merupakan aplikasi yang disediakan khusus oleh Pemkot Bekasi bagi warganya. Sementara SOROT adalah Smart Online Reporting and Observation Tools. SOROT merupakan sebuah aplikasi pelaporan yang dikembangkan dari hasil penelitian ITB.

"Warga atau masyarakat dapat bebas memilih untuk melaporkan dan memberikan aspirasinya melalui POT atau SOROT," kata Suhono.

Dia menjelaskan, setiap laporan yang diberikan masyarakat ke pemerintah melalui aplikasi POT dan SOROT, dirancang dapat langsung ditindaklanjuti oleh dinas atau kelurahan setempat. Masyarakat dapat memberikan laporan atau masukannya melalui web atau mengunduh aplikasi SOROT di Google Play.

"Dengan terintegrasinya aplikasi pelaporan POT dan SOROT pada Patriot Operation Center, Walikota Bekasi dapat segera memantau tindak lanjut dari laporan dan aspirasi masyarakat secara langsung. Dengan demikian, tindak lanjut dari laporan masyarakat dapat segera diberikan dengan cepat dan tepat,.

"Ini masih tahap awal karena baru menyangkut platform. Banyak dinas yang belum siap, baik infrastruktur maupun ekosistemnya atau kesiapan sumber daya manusia dan kecukupan tata kelolanya," tukas Suhono.

Kota Bekasi

Staf Ahli Walikota Bekasi Ditangkap

PATRIOTRAYA.COM:  Staf Ahli Walikota Bekasi Bidang Kemasyarakatan, Roro Yoewati pada Jumat (18/3/2016) ditahan Kejaksaan Negeri Kota Bekasi. Roro diduga terlibat dalam penyelewengan dana kegiatan pendidikan dan pelatihan (diklat) yang mengakibatkan kerugian negara hingga Rp2,4 milyar.

Read more ...
 

Proyek LRT Sudah Masuk Tahap Sosialisasi

PATRIOTRAYA.COM: Proyek pembanguan Light Rain Transit (LRT) Kota Bekasi makin mendekati kenyataan. Saat ini, salah satu kontraktor yang membangun proyek ini, PT Adhi Karya sudah melakukan sosialisasi ke wilayah-wilayah yang akan terlintasi LRT di sejumlah wilayah di Kota Bekasi.

Read more ...
 

Horee, Kota Bekasi Bakal Punya Kereta Cepat

PATRIOT RAYA.COM: Tingkat kemacetan yang kian meningkat, memaksa Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi menghadirkan moda transportasi massal yang laik, nyaman dan aman. Rencananya, Pemkot Bekasi akan membangun proyek sejenis kereta cepat (Light Rail Transit/LRT). Panjang perlintasan kereta cepat ini 12 kilometer. Rute yang akan dilalui adalah Kemang Pratama, Kecamatan Rawalumbu sampai ke Kota Harapan Indah. Posisi perlintasan berada di atas ketinggian lima meter dengan jarak masing-masing tiang pancang sejauh 25 meter.

Read more ...